Keraton Kasepuhan Dan Gua Sunyaragi Terkenal Di Cirebon

Inilah 2 tempat wisata di cirebon yang menjadi pusat perhatian pengunjung wisatawan yaitu Keraton Kasepuhan dan Gua Sunyaragi, penasaran mau lihat.?

Sebagai kota wali tentunya cirebon sangat identik dengan warisan sejarah dan budaya peninggalan para lelulur. Sebut saja pada jamannya seperti Sunan Gunung Jati, Sunan Kalijaga hingga kerajaan yang ada di cirebon seperti sekarang menjadi ikon wisata di cirebon.

simbol keraton kasepuhan cirebon

Keraton Kasepuhan dan Goa Sunyaragi adalah bukti dari salah satu jejak peninggalan pada masa dahulu sebelum masehi. Dan sampai saat ini masih tersisa walaupun memang sudah tidak seperti asli dahulu. Namun masih ada beberapa benda arkeolog dan barang-barang yang masih di pelihara keasliannya.

Keraton Kasepuhan

Salah satu tempat sejarah dan wisata yang ada di cirebon adalah Keraton Kasepuhan. Tempat ini selalu menjadi tujuan utama wisatawan luar kota jika berkunjung ke Cirebon. Banyak sekali sejarah kerajaan dan benda-benda pusaka di Keraton kasepuhan ini salah satunya yaitu Kereta Singa Barong.

Kereta Singa Barong merupakan salah satu benda pusaka yang dimiliki Keraton Kasepuhan Cirebon. Dahulunya, Kereta Singa Barong ini menjadi kendaraan yang biasa digunakan Sultan saat menggelar kirab setiap 1 Muharram.

Dilihat dari bentuknya, Kereta Singa Barong yang dibuat pada tahun 1549 M itu dihiasi dengan ukiran-ukiran yang menggambarkan beberapa bentuk bagian tubuh hewan. Seperti sayap burung, kepala Naga yang sedang menjulurkan lidah, dan belalai Gajah yang sedang memegang senjata Trisula. ( Detikcom ).

Selengkapnya anda bisa baca : tentang sejarah keraton kasepuhan cirebon

Tempat Keraton Kasepuhan :

Gua Sunyaragi

Jika anda ke Ciebon melalui jalur pantura pasti anda akan melewati tempat wisata gua sunyaragi ini. Karena letak dari sebutan taman air sunyaragi ini ada di sebelah kiri jalan pantura jika dari arah jakarta meneuju Tegal.

Gua Sunyaragi tak seperti gua kebanyakan, dimana lokasinya yang gelap dan pengap. Gua yang lokasinya ada di Kota Cirebon ini layaknya sebuah taman yang dikelilingi bangunan seperti gua / goa.

Oleh karena itu destinasi wisata ini sering disebut juga Taman Sari Sunyaragi. Dan menjadi tujuan wisata sejarah para wisatawan yang datang ke Cirebon. Gua Sunyaragi pada zaman dahulu merupakan pesanggrahan Para Sultan dan petinggi Kerajaan, serta digunakan untuk tempat bertapa.

taman gua sunyaragi cirebon

Arti dari Sunyaragi itu sendiri adalah Sunya : " Sunyi ". dan Ragi : " Raga ", yang jika di artikan seperti menyendiri untuk mensucikan raga atau dengan kata lain yaitu bertapa.

Gua ini merupakan gua buatan yang dibuat oleh Pangeran Kararangen sekitar tahun 1703 Masehi, beliau merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati. Pembangunannya dimaksudkan  sebagai tempat untuk meningkatkan ilmu kanuragan serta memperdalam teknik berperang bagi para pembesar dan prajurit keraton.

Untuk sejarah lengkapnya anda bisa lihat : sejarah gua sunyaragi

Posting Komentar